RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan
Ke : 1-12
Alokasi
Waktu : 24 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Novice.
Kode
Standar Kompetensi : A
Kompetensi
Dasar : 1.1 Memahami
ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan.
Indikator :
Aspek
|
Indikator
|
Nilai
PBKB yang dikembangkan
|
Kognitif
|
Mengucapkan
salam (greetings )pada saat bertemu dan berpisah digunakan secara tepat.
|
Bersahabat / Komunikatif
|
Psikomotorik
|
Mengucapkan
berbagai ungkapan terima kasih dan responnya digunakan secara tepat.
|
Bersahabat / Komunikatif
|
Afektif
|
Mengucapkan berbagai ungkapan terima
kasih dan responnya digunakan secara tepat
Mengucapkan berbagai ungkapan
penyesalan dan permintaan maafserta responnya diperagakan secara tepat
|
Kreatif
Komunikatif
|
I. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
A Menggunakan ucapan
salam (greetings) pada saat bertemu dan berpisah dengan tepat.
B Siswa dapat
memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dengan tepat.
C Siswa dapat
menggunakan berbagai ungkapan terima kasih dan responnya secara tepat.
D Siswa dapat
menggunakan ungkapan penyesalan dan permintaan maaf serta responnya secara
tepat.
II. Materi
Ajar
A. Greetings and leave takings
1. Hi / Hello
2. Good morning.
3. Good afternoon
4. How are you?
5. I’m fine, thanks
6. Good bye.
7. See you later.
- Introducing
1. Hello, I am Bejo.
2. Good morning. My name is Bejo.
3. May I introduce myself. I am Budi.
4. Ani, this is Ida.
5. Nice to meet you.
6. How do you do?
- Thanking
1. Thank you very much.
2. Thank you.
3. Thanks / Thanks a lot.
4. Thanks for you help.
5. You are welcome.
6. Don’t mention it.
7. That’s OK.
- Apologizing
1. I am sorry.
2. I am very sorry.
3. I am sorry for ...
4. Please forgive me ..
E. Grammar Review
1. Personal Pronoun
PERSONAL PRONOUNS
Kata Ganti Orang
|
POSSESSIVE PRONOUNS
Kata Ganti Kepemilikan
|
REFLEXIVE PRONOUN
Kata Ganti Refleksif
|
||
As a Subject
Sebagai Subjek
|
As an Object
Sebagai Objek
|
As Adjective
Sebagai Kata Sifat
|
As a Pronoun
Sebagai Kata Ganti
|
|
I
Saya
|
me
saya
|
my
milik
saya
|
mine
milik
saya
|
myself
saya
sendiri
|
You
Kamu
|
you
kamu
|
your
milikmu
|
yours
milikmu
|
yourself
kamu
sendiri
|
We
kami/kita
|
us
kami/kita
|
our
milik
kami/kita
|
ours
milik
kami/kita
|
ourself
kami/kita
sendiri
|
They
mereka
|
them
mereka
|
their
milik
mereka
|
theirs
milik
mereka
|
themselves
mereka
sendiri
|
He
dia
(laki-laki)
|
him
dia
(laki-laki)
|
his
milik
dia (laki-laki)
|
his
milik
dia (laki-laki)
|
himself
dia
(laki-laki) sendiri
|
She
dia
(perempuan)
|
her
dia
(perempuan)
|
her
milik
dia (pr.)
|
hers
milik
dia (pr.)
|
herself
dia
(pr.) sendiri
|
It
Ia
(benda)
|
it
Ia
(benda)
|
its
milik
ia (benda)
|
-
|
itself
Ia
(benda) sendiri
|
2. Simple Present Tense
a. Nominal
Positive
|
Subject
|
Be (is, am, are)
|
Complement (ANA)
|
|
Example:
|
I
You
She
|
am
are
is
|
happy
in
the classroom.
a
dancer.
|
|
Negative
|
Subject
|
Be (is, am, are)
|
not
|
Complement (ANA)
|
Example:
|
I
You
She
|
am
are
is
|
not
not
not
|
happy.
in
the classroom
a
dancer
|
Interrogative
|
Be (is, am, are)
|
Subject
|
Complement (ANA)?
|
|
Example:
|
Am
Are
Is
|
I
you
she
|
happy?
in
the classroom?
a
dancer?
|
b. Verbal
Positive
|
Subject
|
Verb
|
Object
|
|
Example:
|
I
You
She
|
Read
write
speaks
|
a
book.
a
letter.
English.
|
|
Negative
|
Subject
|
do / does
|
not
|
Verb + Object
|
Example:
|
I
You
She
|
Do
do
does
|
not
not
not
|
read
a book.
write
a letter
speaks
English
|
Interrogative
|
do / does
|
Subject
|
Verb + Object
|
|
Example:
|
Do
Do
Does
|
I
you
she
|
read
a book?
write
a letter?
speaks
English?
|
No comments:
Post a Comment